"Surga tempatnya orang-orang berprestasi"(KH. Ilyasi Siraj, M.Ag.)




PELATIHAN MENULIS DI SUMBER PAYUNG


Sumenep, 21 Maret 2014, saya mengisi pelatihan menulis di Pondok Pesantren Sumber Payung Putri. Pesertanya sangat membeludak dan nampak antusias. Entah apakah karena penyajinya ganteng atau materinya menarik, hehe (maaf guyon).  Tak kalah semangatnya, karena si penulis masuk sarang 'penyamun' dan menjadi tontonan gratis. :)

Dok. kabarnun.com
Semangat adalah makhluk unik yang perlu dijaga dan dipompa, agar tidak loyo dan mati. Semangat adalah energi yang sangat mahal. Maka, saya juga menyematkan semangat kuat-kuat sebelum akhirnya saya meyakinkan mereka, bahwa menulis fiksi seperti novel saya (Memanjat Pesona dan Anak-Anak Revolusi) yang banyak di tangan mereka adalah hal gampang. Bahkan sangat gampang, dan biayanya tak lebih mahal dari biaya hidup mereka di pesantren. Mereka cukup membaca agar kaya kosakata dan imajinasinya berkembangbiak ketika merangkai alur demi alur dalam suatu karya fiksi cerpen atau novel.

Saya mendapat giliran berbicara di hadapan mereka setelah pengasuh pesantren Sumber Payung selesai memberikan sambutan, agar santri mengambil semua pelajaran yang di sampaikan oleh pemateri.

Hadir dalam acara itu, ketua FLP Sumenep, Khairul Arifin Angwa yang sekaligus melantik para pengurus FLP Sumber Payung periode 2014-2015. Upaya FLP Sumenep menghidupkan semangat literasi sangat luar biasa, meski menurut ketua FLP, masih banyak kendalanya. Masih menurut ketua FLP, bahwa Forum Lingkar Pena hanyalah kendaraan yang mengantarkan orang-orang yang punya semangat hingga ke pintu gerbang kesuksesan.





Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Nun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger